Para Dewi dalam Mitologi

6:07 AM

Mitologi adalah cerita cerita mengenai dewa dan dewi. Selain kisahnya menarik, mitologi juga memberikan berupa nama-nama yang dipakai dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Berikut ini adalah beberapa kisah dewi Yunani yang namanya dipakai dalam ilmu pengetahuan.


Muse
Kata musik pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa kata musik diambil dari nama dewi-dewi Yunani, yaitu Muse? Muse adalah nama sembilan dewi yang tugasnya menghasilkan lagu dan tarian.


Menurut salah satu versi mitologi, dewi-dewi Muse adalah anak dari Zeus dan Mnemosyne. Kesembilan dewi Muse itu adalah Calliope (pemimpin para Muse dan juga dewi puisi), Euterpe (dewi Muse untuk lagu), Clio (dewi Muse untuk sejarah), Erato (dewi Muse untuk puisi cinta), Melpomene (dewi Muse untuk kisah tragedi), Polyhymnia (dewi Muse untuk lagu pujaan kepada dewa), Terpsichore (dewi Muse untuk tarian), Thalia (dewi Muse untuk kisah komedi), dan Urania (dewi Muse untuk astronomi)


Ini adalah Erato:

9 dari dewi Muse:


Mnemosyne
Istilah mnemonik dipakai dalam ilmu pengetahuan untuk hal-hal yang berhubungan dengan ingatan, misalnya bahasa pemrograman komputer atau rumus dan ungkapan untuk membantu mengingat sesuatu. Kata mnemonik diambil dari nama dewi Mnemosyne, yaitu salah satu istri Zeus, pemimpin para dewa.


Dewi Mnemosyne mempunyai kemampuan untuk memberi kemampuan untuk memberi ingatan yang kuat bagi para pemujanya. Oleh karena itu, para penduduk Yunani, khususnya para penulis puisi dan lagu, sangat memujanya supaya diberi ingatan cemerlang untuk menghasilkan karya-karya yang baik.




Psyche
istilah psikologi, yaitu ilmu yang mempelajari kajiwaan manusia, diambil dari nama dewi Psyche.
Pada mulanya, Psyche adalah manusia biasa dan bukan dewi. Dia mempunyai wajah yang sangat cantik dan bahkan menyaingi kecantikan para dewi di kahyangan. Karena kecantikannya itu, para dewa mengizinkannya menikah dengan dewa Eros. Akan tetapi, untuk mewujudkan pernikahan itu, Psyche harus merelakan jiwanya berpisah dengan tubuhnya.

Pengorbanan Psyche yang luar biasa itu mengundang simpati dari para dewa menjadikan Psyche sebagai seorang dewi dan mengabulkan keinginannya untuk menikah dengan Eros.


Andromeda
Seperti halnya Psyche, Andromeda juga seorang wanita biasa. Suatu ketika, orang tua Andromeda berbuat kesalahan terhadap para dewa. Untuk menebus kesalahan itu, para dewa meminta orang tua Andromeda untuk mengorbankan putrinya itu. Namun, Perseus berhasil membebaskan Andromeda ketika dia akan dikorbankan. Mereka kemudian mempunyai keturunan yang hebat, termasuk Herkules.

Karena kebaikan Andromeda semasa hidupnya, dewi Athena menjadikan Andromeda abadi. Bentuk keabadian itu berwujud susunan bintang di langit ketika ia meningal, mana kita juga mengenal nama Andromeda sebagain salah satu galaksi di alam semesta.


Ini adalah salah satu jenis Andromeda yang telah di temukan oleh Stefan Immler, Erin Grand, Swift GSFCNASA. pada tanggal 5 Januari 2011.
Untuk penjelasan lebih lanjut, dapat dibaca dari Andromeda Galaxy

You Might Also Like

0 comments